Friday, January 4, 2019

#DiskusiKPR02 | Masa Kerja Belum 2 Tahun Apakah Bisa Mengajukan KPR?

KERJA BELOM 2 TAHUN APA BISA KPR?



Seringkali ketika kita  baru memasuki Dunia kerja atau baru saja mendapatkan tempat  kerja yang lebih baik dari sebelum nya maka terlintas dipikiran kita untuk mulai berinvestasi aman dengan bermain properti atau ingin menghentikan pengeluaran rutin kontrakan / kost karena selalu naik setiap tahun nya. Maka membeli hunian (Rumah / Apartemen) dengan cara mencicil melalui bantuan Bank adalah Solusi nya.

Namun seringkali kita dalam keadaan seperti tersebut dihadang oleh keadaan dimana kita belum genap bekerja selama dua tahun di perusahaan dimana tempat saat ini kita bekerja. Maka timbulah pertanyaan umum yang sering kita tanyakan apakah bisa "saya mengajukan permohonan KPR jika masa kerja di perusahaan kurang dari 2 tahun".

Jawaban nya: 

"Bisa Saja"

Bisa Saja dalam artian jawaban diatas bukan berarti anda dengan mudah meng-apply permohonan kredit dan langsung diterima oleh Bank. ada beberapa persyaratan yang perlu anda penuhi jika terkurung dalam keadaan seperti ini.

Pertama 

Yang harus anda lakukan adalah menyiapkan surat refrensi kerja dari tempat bekerja sebelum nya. Surat refrensi kerja biasa diterbitkan oleh perusahaan selepas kita hendak melangkahkan kaki dari perusahaan tersebut, atau bisa juga menggunakan surat keterangan pemutusan hubungan kerja "PHK".

Kedua

Jika sebelum nya anda sudah memiliki surat refrensi kerja namun lupa atau kehilangan surat refrensi tersebut dan tidak mungkin untuk anda meminta  kembali ke perusahaan lama anda. Maka surat refrensi tersebut dapat anda gantikan dengan kartu nama anda di perusahaan sebelum nya.

Ketiga 

Jika kondisi anda adalah baru pertama kali berkarir / bekerja. dan belum memiliki pengalaman sebelum nya, Maka ada baik nya anda menunda terlebih dahulu rencana pengambilan properti. Karena salah satu syarat wajib yang diterbitkan oleh kebanyakan Bank adalah masa kerja minimal adalah 2 tahun. Atau anda dapat menyiasati nya dengan cara mencari developer yang memiliki program cicil DP.

TERIMA KASIH SUDAH MEMBACA

No comments:

Post a Comment