Wednesday, February 20, 2019

#DiskusiKPR03 | Pengajuan KPR anda ditolak Bank? inilah yang harus dilakukan!

Tips Untuk KPR anda jika di Reject Bank



Dalam mengajukan Permohonan KPR seringkali kita menerka-nerka jika sudah dihubungi oleh pihak Bank, diberikan penawaran bunga, didatangi untuk survey, lolos BI Checking, serta diminta untuk mengisi dan menandatangani formulir itu menandakan bahwa pengajuan KPR kita akan segera disetujui oleh bank yang menawarkan kredit tsb.

Sebetulnya apa yang biasa dilakukan oleh Marketing perbankan seperti deskripsi di atas belum menjamin bahwa permohonan kita akan mudah saja langsung disetujui, karena masih  akan menjalani proses analisa yang panjang. Terkadang hasil analisa analis bank tidak sesuai yang nasabah harapkan mulai dari ketidaksesuaian jumlah income yang mengakibatkan turund plafond bahkan parah  nya lagi permohonan anda bisa saja di tolak, ya ditolak / Rejected. Jika terjadi kondisi seperti ini anda sebaik nya jangan panik terlebih dahulu inilah yang bisa anda lakukan dalam menghadapi hasil keputusan tsb:

01. Mintalah Surat Tolakan Bank (Surat Keterangan Rejected)

Surat tolakan sangat anda butuhkan dalam proses refund DP (down payment). Beberapa Developer biasanya men-syaratkan minimal dua buah surat tolakan Bank untuk dapat memproses pengembalian uang DP anda. Tanpa surat tersebut pihak Developer biasanya enggan untuk mengurus pengembalian uang yang sudah masuk.

Namun hal yang harus anda ketahui surat tolakan tidak menjamin dapat mengembalikan 100% uang DP anda. Karena biasanya DP anda hanya akan kembali kurang lebih 50% dari keseluruhan DP yang sudah dibayarkan akibat potongan ppn. dan Uang tanda jadi / booking fee sudah  pasti hangus.

02. Ketahuilah  apa penyebab kegagalan anda!

Cari tahu apa dasar dan alasan Pihak perbankan tidak dapat menyetujui perohonan kredit anda. Tidak jarang  KPR anda ditolak karena alasan yang cukup sepele atau ketidakpiawaian sang marketing Bank dalam mengelola data anda, seperti: 1. Kurang nya data usaha anda sehingga sulit untuk menghitung berapa income yang dapat diterima. 2. Rekening yang anda kirimkan masih dalam bentuk cetakan buku  tabungan  bukan mutasi rekening koran, 3. Ditemukan kolektabilitas yang buruk ketika ktp anda di analisa BI Checking.

Jika alasan ditolak seperti adalah seperti pada poin ke 3 merupakan masalah yang masih bisa anda atasi dengan cukup mudah namun memakan waktu yang tidak sebentar. Bayarlah sisa tunggakan anda sesuai dengan jumlah yang masih tersedia (outstanding) lalu mintakan surat keterangan lunas dari bank dimana melaporkan kolektabilitas anda. Lalu ajukan kembali permohonan KPR anda.

03. Cari Bank alternatif!

Bank alternaitf adalah istilah untuk  bank yang biasa kurang anda minati produk yang ditawarkan oleh mereka, namun anda tetap bersedia memberikan data pribadi untuk di analisa.

Bank alternatif / Bank koboi biasanya menawarkan bunga dan biaya kpr yang lebih tinggi ketimbang bank lain namun dapat lebih menjamin level kelolosan permohonan kpr anda, Diskusikan lah hal ini dengan sales anda. Lebih baik sejak awal memang data anda sudah di proses oleh lebih dari 1 Bank sebagai langkah antisipasi menghindari penolakan.

Terima Kasih

No comments:

Post a Comment